Rabu, 18 November 2015

Suku Amugme dan Kamoro telah gelar Pertival Seni & Budaya



Foto: Suku Amume & Kamoro,Pertival Seni & Budaya,Yustus Muyapa


Timika (KM)--Pemerintah Kabupaten Mimika,Dinas pemuda dan olahraga pariswisata mengelar Pestival seni budaya.berlanggsung Pukul 08.45 WIT hingga selsai,di tempat depan toko glael,Jln Cendrawasih Timika Papua selasa,17 Novomber 2015.

Kabuten Mimika merupakan suatu kota yang terletak di daerah lembah pesisir pantai yang berdomisili 7 suku namun yang asli dua suku putra yakni Amume dan Kamoro.

Dalam kegiatan ini diwarnai dengan beberapa kegiatan tingkat SMP/SMA/SMK yaitu,lomba cerita rakrat,lagu daerah,dan lombah tarian Daerah.

Ketua panitia Karet Spd,Msi,Menyatkan pestival seni dan budaya ini merupakan salah satu persatuan dalam kalangan tingkatan SMP/SMA/SMK agar bisa memperkuat nilai budaya, dan bahasanya suku sendiri,oleh karena itu,kita mengankat budaya ini agar tidak mempengaruhi budaya dari orang lain.

 Kata dia, kita mengankat hasil-hasil karya khas suku Kamoro dan Amume bagi orang mimika agar  memiliki khas kerjinan tangan seperti Baju batik,Merang kain bunga,Piring yang terbuat dari lidih kelapa,Menu khas kamoro ,Menganyam Tas,dan patun mitoro.

Seni dan budaya ini untuk kami memperdamaikan persahabatan perspektif di antara suku bangsa dan Negara agar supaya kita juga tidak berpengaruh dari budaya luar (Asing).

Dalam pertival ini bertujuan agar  generasi ini bisa mempertahankan budaya masing-masing dari setiap suku.tegasnya.

Junjungkan harkat dan martabat diri manusia bahwa siapa saya sebenarnya dan asal saya dari mana agar nilai budaya menjadi sesuatu berkat demi masa depan kita maupun generasi mudah papua.(YustusMuyapa,KM)

Sumber : Kabarmapegaa.Com

Komunitas Coba-Coba Menulis

About Komunitas Coba-Coba Menulis

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :