Kamis, 11 Februari 2016

Dahulu Akan Terakhir, Terakhir Akan Dahulu

Foto: Pribadi Yosafata Mai Muyapa/KCCM

Oleh: Yosafat Mai  Muyapa

 Walau  hidup bagaikan timbal balik tetapi seperjuangan harus kokoh, kini dapat menjadi pengertian utama  dari pada dinamaika proses hidup orang lebih dahuluan akan menjadi terbelangan demikian juga orang terbelakang akan menjadi orang terdepan adalah bukan persoalan biasa tetapi ketika nyatakan pada hidup manusia secara otomatis kembali kepada sikap, moral, dan tindakannya. 

Mengapa? ini menjadi  masalah utama pada setiap orang  perlu untuk maklumi karena dalam dunia kerja, atau di komunitas, tertentu orang menilai itu dari sisi gaya pembicaraan, pembawahaan, ketrampilan, dan kreatifnya  mengatakan “anda hebat” lalu kemudian langka berikutnya  kata hebat itu menjadi diri anda merasa Ok. Dan cukup.  Sampai patah semangat seperti motif diri untuk perjuang.
       
 Ini  merupakan setiap manusia yang beraklhak muliah dan berakal budi pekerti dalam setiap tindakan langka demi langka pada kehidupan manusia tanpa terkeuali selalu dan sering mengalaminya. 

Sebagai,  pembahasan berdasarkan topik,  mengatakan “Kedepan akan mundul kebelangan karena apa dan kebelakang akan maju kedepan,  ternyata kemukakan realita berdasarkan alasan tertentu sehingga  terjadi pada manusia hanya menghadapi “Sebabnya, dan Akibatnya”  Maka dari itu, menjadi hanya pilihan  alternatif  kita untuk mengendalih apa itu positif dan apa itu negatif. 

Kedua versi ini Menjelaskan, “sebabnya” saya merasa biasa karena biasa dan sudah biasakan dan  saya merasa  tidak biasa karena “akibatnay” saya belum biasakan dengannya. 

Na, itulah konflik pribadi yang  harus kita mendapatkan akar masalahnya sebab, untuk kontinyu agar dapat bermanfaat memahami tujuan dari pada topik diatas untuk mereviasi dari kelemahan dan kebiahasan kita pesimis di lawan dengan optimis.

Kebuadayaan pada munusia, hengdak merasakan karena sebagai manusia yang memiliki makhluk sosial yang hidup saling bergantung kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari bahwa,  saat ini saya menhadapi berbagai konflik hidup tapi ketika menyelesaikan konflik tersebut tiadakan lagi terjadi cerita tadinya memandang merasa cemas dan trauma hidup.

Itulah sebabnya, penulis sengaja mengupaskan sebuah sapaan simpel yang mengatakan kehidupan manusia adalah misterius  yang layak  merasakan diri sendiri tanpa ada campur tangan orang lain untuk merasakan.  Ilustrasinya, sakarang anda sakit tetapi belum tentu bahwa saya lagi sakit. Dan saya &  anda sama sakit juga belum tentu sakit itu sama organ. Ada lag, jika anda pintar melahingkan orang lain belum tentu pintar demikian upamanya. 

Na, sekarang ketika melihat dengan pertumbuhan umur manusia sehingga adik saya sudah keluar rambut ubun atau rambut putih melaingkan kakannya sendiri tidak. 

Dalam kehidupan, mengapa mama dan bapaknya lebih tua dari pada anak-anaknya masih muda  tetapi lebih duluh meninggal adalah anaknya. Pada hal, kedua orang tuanya umur sudah tua sekali saja  masih hidup . itu aneh too..! coba yang tua lebih dulukha? Dari pada masih muda lebih dulu meninggal. 

Firman Tuhan terdapat pada, Lukas 10:30 mengatakan “tetapi banyak orang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. Itulah salah satu nasehat tanda pertobatan dosa manusia.
Walaupun,  anda berbuat dosa begitu banyak  bagaikan petinggi gunung tak dapat mendaki tapi kata FIRMAN mengatakan,  “datanglah dan mintalah maka aku akan menerima dan mengabulkan sesuai dengan permintahan sebesar apapun. 

Jika, pendidikannya saya sudah kaka tingkat atau senioritas sedangkan adik angkatan  junior pendidikan pengetahuan telah melebihi dari senioritas.  Itulah nyatanya Alasan utama menjadi pertama akan ke belakangan demikian juga belangan akan kedepan. 

Persoalan ilmu pengetahuan dia tidak dapat membandingkan dengan kaka, adik, kaya, atau miskin, dan tua dan muda tetapi persolan pengetahuan adalah siapa dia yang benar-benar mentekuni dan fokus untuk berbicara tentang ilmu pengetahua, dialah yang memilikinya.

Sering kali, manusia antara manusia perna terjadi curigai mencurigai satu sama lain, kebanyakan orang juga,  ada karakter yang mengosip orang tanpa mengetahui data yang jelas. Na, ilmu komunikasi mengatakan ketika anda bergosip bergosiplah dirimu  sendiri bukan orang lain.  Karena dia yang tadinya anda bergosip tanpa jelas kemudian berikut waktu akan nampak sebuah kebaikan terhadap semua orang. 

Maka dibalik bergosip anda akan kembali ancam diri anda hati-hati. Manusia jangan menilai dari tampilannya atau  kulit, sedangkan sifat dan ketulusan hati belum tentu, baik dan buruk. 

Mengapa, orang pendidikan sementara masih ada nanggur  biarpun anda  punya miliki  titel dan ijazah sarjana belum tapi hanya dia tamatan SMA bisa menjadi pengawai dan pemimpin instansi. Itulah mengatakan “sabar adalah subur”

Kenapa, saya mengalami penderitaan hidup kemudian yang lain tidak mengalami hal yang saya mengalami itu berarti kehidupan manusia adalah timbal balik dari segala semesta yang ada. Dan ketakdirkan oleh Maha Kuasa. 

Jika, saya memiliki begitu banyak barang berharga namun tetapi orang lain tidak sama sekali dengan memilikinya yang ada. Dan lain juga, dia mengalami barang kemewahan tetapi saya tidak, itulah mengatakan upayakan sesuatu adalah dasar untuk memilikinya. 

Begitu banyak orang mengatakan padaku anda adalah orang kebijaksanaan dan orang pintar tetapi jangalah sombangan ada orang banyak yang pintar lebih dari anda. 

Jutaan orang dunia mempunyai kariel dan tabiat masing-masing orang dimiliki  tapi kariel tersebut jika tidak mengasah dan mempelajari talenta yang ada di milikinya maka tetap akan sia-siakan biarpun itu anda punya talenta. Itulah sebabnya, profesi anda adalah senjata diri anda dalam melawan dunia. 

Oleh sebab itu, apapun yang kita miliki adalah suatu muliah yang kita perlu mempulihkan dan memupuk terus sampai matangnya. Asalkan semangat dan sungguh-sungguh melakukan semuanya, efek susila, sikap, dia sangat berpengaruhui pada saya harus mengetahui lebih duluh jangan menungguh ungguh waktu tapi manusia harus mengejarkan waktu untuk mengerjakan apa yang telah komitmen dan tujuan hidup manusia. Agar realitasnya. 

Kutipan di FB, Noak yogi, Berjalan sampai ke batas,berlayar sampai ke pulau.kita harus berusaha mengerjakan sesuatu untuk mencapai suatu maksud.   Jadikan harga mati  perjuangan harus depan. Salom perubahan.

Jayapura, papua (13/02/2016)
Penulis: Penuls www.kabarmapegaa.com

  

Komunitas Coba-Coba Menulis

About Komunitas Coba-Coba Menulis

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :