Kamis, 02 Juni 2016

Peneliti: Pentingkan Penelitian Adalah Satu Bagian Dalam Satu Komunitas

Seorang Peneliti di Papua, Veronika Kusmayati Saat Memaparkan Materinya di Aula
STFT Fajar Timur, Padang Bulan.(Foto: Alexander Gobai/KM)

Jayapura, (KM)---Salah satu Peneliti yang juga sedang melakukan penelitian Antropolog di Papua, Veronika Kusmayati, mengatakan, seorang peneliti tidak hanya melakukan metode wawancara dan survei semata. Tetapi, seorang penelitian harus menjadi satu bagian dalam satu komunitas hidup dengan masyarakat.
“Jadi, seorang peneliti sangat dibutuhkan dan pentingkan penelitian adalah satu bagian dalam satu komunitas,”kata Veronika, Kamis, (02/06/16) saat memaparkan materinya kepada peserta yang hadir di Aula STFT Fajar Timur, Padang Bulan, Abepura.
Kata dia, untuk mendapatkan sebuah masalah dalam melakukan penelitian itu. Pastinya akan dihadapi dengan orang-orang untuk di tempat penelitian. Maka, hal pertama yang perlu dilakukan ialah duduk bersama, makan bersama, minum bersama dan sebagainya dengan masyarakat.
“Nah dengan kita melakukan kegiatan itu sudah menjadi  satu bagian dalam satu komunitas itu. Itu yang dimaksud,”ungkapnya.
Untuk melakukan itu, lanjut dia, kita akan berhadapan dengan berbagai orang hanya untuk mencari data. Pasti meminta data pada pihak kepolisian dan lainya. Tetapi, perlu kita sadar, kita berada pada posisi yang mana.
“Kita harus fokus pada posisi dimana saya berada dan dimana saya melakukan penelitian dan bersama orang siapa,”ungkapnya.
Sementara itu, Pastor Jhon Djonga, mengatakan, seorang peneliti tidak harus berada pada satu pihak dan tidak memandang hanya di satu pihak dalam menulis karya ilmiah.
“Tetapi juga, mementingkan kedua belah pihak,”bebernya. 
Ia harapakan, seorang peneliti bukan hanya dilakukan untuk keperluan suatu lembaga saja. Tetapi, keperluan rakyat.
(Alexander Gobai/KM)

Komunitas Coba-Coba Menulis

About Komunitas Coba-Coba Menulis

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :