KOMUNITAS COBA-COBA MENULIS.com

Menulis adalah Senjata yang paling ampuh terobos dunia. maka budayakan menulis menjadi satu fundamental hidup. Belajar Untuk Berkarya

Refleksi Hut IPPMMAPI “Motivasi Potensi”

Saat Pimpinan Sidang Tetap Sedang memimpin Musyawarah IPPMMAPI Se-Jayapura Yang Ke-II di Aula Hottel Ccoker Wissma Griya Grand Jayapura Ppaua tahun 2014. bagian tengah, Darian Muyapa, kiri oktopianus gobai, Stevanus Gobai. 


Nara Sumber :Darian Muyapa, SH

POTENSI  ITU MASALAH

Potensi di tuntut untuk mengembangan bukan hanya dimiliki. Memang pemula berproses untuk kembangkan potensi awalnya hendak mengalami berat hati bakan mengeluh sehingga dalam berproses untuk pengembangan potensi kita memang satu masalah serius yang harus kita hadapi. Maka pintasnya adalah komitmen untuk ambil resiko. Mulai dari hari ini, resiko terhadap keberanian,  resiko terhdap kerja keras, resiko ambil sikap yang bergigih untuk meraih suatu kesuksesan, berdasarkan faktor hilangkan rasa takut, minder bebar. 

Kemudian itu, berteguh dalam melawan kemalasan menjadi giatnya tinggi atau rajin, melawan ketakutan menjadi berani dalam menghadapai segala aktivitas kita dalam sehari-harian. Lalu dari yang bebar menjadi menjadi tajam pikiran kita dalam selidiki suautu konflik yang terjadi dimana lingkungan kita berada. Jika kita membenahi hal-hal demikian maka tadinya apa yang menjadi rumit tetap akan gampang asalkan diri kita berkomitmen untuk berani melawan dalam sesuautu yang pesimis yang sudah ada miliki pada diri kita masing-masing. 

Jadi dengan potensi kita. kita harus berkorbang demi masa depan piyayita. Potensi itu dinamis bukan statis karena potensi  berproses menjadi potensial. Dorong itu mengahadapi masalah tetapi “Masalah bisa menjadi kesempatan jika berada di tangan orang yang tepat”  Robert Redfor
 
Potensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KKBI) ialah kemampuan yang mempunyai kemungkinan mengembangkan, kekuatan, kesanggupan atau daya. Jadi, potensi itu harus mengembangkan bukan hanya di miliki. Maka dengan potensi kita dorong terus organisasi IPPMMAPI ini ke arah yang maju. Dan Potensi sebagai satu pengetahuan mendasar untuk mengembangan dalam segalah aspek agar nantinya kuat dan lebih potensial lagi.

BANGGA DENGAN POTENSI KITA

Saya bangga sama kita! Karena potensi kita bukan pembawahan sejak lahir gen keturunan ( talenta), tetapi potensi di peroleh melalui kerja keras, jadi potensi penting di kembangkan bukan hanya dimiliki oleh seorang diri. potensi bukan sesuatu wajib yang di miliki oleh setiap orang. namun potensi di wajibkan oleh mereka yang berkeinginan mempunyai berpotensi melalui kerja keras mereka. Sehingga mengembangkan terus potensi kita melalui berbagi dan berdedikasi kepada seksama untuk mengembangkan.

Tak terkira potensi yang ada saat ini dalam wadah organisasi IPPMMAPI Se-Jayapura. waktu ke waktu potensi kita terus mendiam bisu di sudut batin kita. Selalu tumbuh diam tanpa teriak. Malu ka kita, jika begitu trus. Akan ke mana kita jika terus begini. Nantinya,  sampai di mana jika itu kekal! Seolah-olah  mati tanpa titik lanjut. Maukah begitu? Sayangnya, jika kita tidak fikir hari ini untuk mengembangkan potensi kita di sini. ingat piyayita ke depan hancur meluluh. Jadinya area buruang dari daerah lain dalam kepentingan apapun.  Renggankah hati kita untuk berbagi potensi kita dalam wadah ini bahkan diluar. Karena potensi adalah kekuatan dalam segala hal baik berfikir, bertindak, berorganisasi dan lain lain.

POTENSI  ITU PUPUK TERUS

Dengan semangat kekuatan atau potensi kita tetap fokus untuk memupuk jangan sampai pudar apa lagi layu habis atau rimpuh karena tidak ada pengembangan. Jadi dalam artian pupuk adalah bukan untuk berdiam bertopeng dagu. Tetapi pupuk dengan mengembangkan/ kembangkan skill kemampuan kita dengan cara mengasah sampai tajam.

POTENSI ADALAH PENGETAHUAN UNTUK MEMAJUKAN ORGANISASI

Kedepan lebih maju dalam berorganisasi jika kita tebarkan kekuatan kita dalam wadah itu sendiri. Meluaskan pengkaderan sesuai dengan kondisi pontensi. Kekuatan kita adalah pengetahuan dasar untuk mengembangkan kedepan dengan gigih agar nantinya menjadi organisasi yang berpotensial. Asalkan serius dan fokus serta mempunyai gerakan komplotan dalam organisasi itu sendiri.

POTENSI ADALAH PENGUATAN ORGANISASI

Mengapa mengatakan potensi adalah penguatan organisasi “Wadah IPPMMAPI Se-Jayapura”  ternyata betul. Kenapa betul karena organisasi merupakan tempat perkumpulan orang/manusia lebih dari satu untuk membicarakan berkompromi suatu agenda tertentu untuk mencapai suatu harapan dan cita-cita bersama maka menjadi penguatan adalah setiap argumen masing-masing orang hendak membicarakan itu ibaratnya potensi kita. Dan kita simak lihat beberapa kekuatan yang tentunya bersatu untuk memajukan organiasi  dalam penguatannya sbb :

Idealis. Realistik. control . spokermen. Seniman. olarawan. humor

Jadi, semua ini perluh kerja sama yang baik antara sesama kita. karena IPPMMAPI mempunyai kekuatan organ yang sudah kuat karena  penting kita bersatu saling jaga antara kita semua, dengan mengembangkan potensi yang ada melalui garis garis organisasi IPPMMAPI

BEKERJA SAMA

Manfaatkan bersama seluruh kekayaan yang di miliki organisasi, dan tidak lain selain kekuatan atau potensi kita di atas. Karena, Justru potensi itulah kekayaan dalam organisasi. sehingga terus kerja sama yang baik agar organisasi menjadi terorganisir dan terarah.

RUANG LINGKUP MENGEMBANGKAN POTENSI.

Agar supaya potensi kita benar benar berkembang.  Menentukan dari dimana anda  berada untuk  mengembangan, kepada siapa anda dedikasikan dan Kapan anda akan mengembangkan.  Nah, disinilah tempatnya yang tepat. Bukan di mana mana. Tapi di
1. Organisasi :
2. Gereja
3. Kampus/ sekolah
4. Keluarga
6. Lingkungan
7. Sekertariat

Karena, sering dan selalu keliruh menempatkan potensi kita untuk kembangkan. Sehingga, bingun dimana saya harus posisikan diri saya untuk membangun potensi.  Kapan saya harus kembangkan dan kepada siapa. Karena memposisikan posisi yang tepat memang menentukan dalam pengembangan potensi and Jangan sampai kita Kembangkan potensi kita salah tempat seperti enjoy sambil menceriterakan sesamanya orientasi buruk yang nantinya menuju kehancuran diri sendiri bahkan organisasi. ( janganlah kawan )


BERSATU UNTUK KERJA (MOTTO)

Jika kita mau mengembangkan potensi kita maka kembali ke moto kita, yakni “kita bersatu untuk kerja. atau bersatu untuk mengembangkan dan bersatu mengjalin komunikasi yang benar antar sesama kita, maka pengembangan dalam potensi relatif berkembang. Asalkan :

1. Fokus : untuk kerja mengembangkan karena pengembangan harus proses
2. Serius : serius untuk mengembangkan
3. Berprinsip Berani : Jangan pernah menunggu waktu yang tepat karena waktu tidak pernah tepat bagi yang menunggu”
             
Maka, intinya semua potensi kita yang di miliki kembali bersatu untuk kerja  (Motto) mengembangkan dengan bermental berani.


IPPMMAPI MAU SUPAYA POTENSI KITA BERSATU

Ikatan IPPMMAPI mengajak kita harus bersatu solidaritas untuk mengumpulkan semua potensi para organisators  untuk mengembangkan dan memajukan IPPMMAPI, mengarahkan ke arah yang jauh lebih mantap dan terarah.

Dunia terus menerus berubah, potensi kita pun ikut berubah seiring waktu. Jika waktu berubah tentu potensi pun berubah. Berubah baik ( positif) atau berupa buruk ( negatif)  sehingga, banyak terobosan harus tercipta dengan kekutan kita pada masa anda di IPPMMAPI agar nantinya jasa kita di kenang oleh para generasi. 

Jangan banggga dengan potensi kita tanpa kita mengembangkan dan berbakti pada organ, karena sesunggunya potensi adalah dinamis bukan statis sehingga gerak terus meski itu sulit. dalam organ. pentingnya mengembangkan.


POTENSI TANPA KONSEP

Potensi tanpa konsep pun sia sia. bergunakanlah potensi kita pada tempat yang tepat itulah “ konsep” dan konsep itulah pengetahuan.  sayang kalau kita sia sia kan potensi kita. Jadi potensi harus punya konsep yang jelas dalam semua aspek baik bertindak, berbicara, bekerja dll. Kalau tidak punya potensi konsep maka akan hancur.

Banyak potensi gagal karena belum sempat semangat dan salah menempatkan diri untuk mengembangkan potensi tersebut.  Jadi pada dasarnya adalah apa yang kita punya atau apa yang kita telah memiliki IPPMMAPI hanyalah SATU di antara RIBUAN organ di DUNIA dan ANDA hanyalah SATU di antara JUTAAN mahasiswa di DUNIA
Maka, Manfaatkanlah kesempatan untuk mengembangkan potensi yang lebih potensial di IPPMMAPI.

 
Kata kunci dalam penulisan ini merupakan "Jadilah orang yang Gembira. Jangan memikirkan kegagalan hari ini, tapi pikirkan sukses yang mungkin datang di hari esok. Anda bisa jadi mendapatkan tugas yang sulit, tapi Anda akan sukses jika tekun dan gigih, dan merasakan kesenangan dalam mengatasi hambatan. Ingatlah, tidak ada hal yang sia-sia untuk meraih sesuatu yang indah“
 - Helen Keller

Potensi kebanyakan gagal karena tidak mau mengembangkan, maka jadilah orang yang gembira untuk mengembangkan potensi, jangan fikirkan kegagalan hari ini, tetapi fikirkan masa depan yang berpotensi.

Cacatan oleh: Pemateri Geinemu Muyapa. Potensi tidak akan mengembangkan kepada  jiwa yang kerdil, pemalas, pesimis, mudah patah semangat, tidak percaya diri serta tidak memiliki cita- cita.
 
                                  YES WE CAN…………!                          
      SELAMAT MENUJU KE PANTAI KESUKSESAN

Share on Google Plus

About Komunitas Coba-Coba Menulis

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.