KOMUNITAS COBA-COBA MENULIS.com

Menulis adalah Senjata yang paling ampuh terobos dunia. maka budayakan menulis menjadi satu fundamental hidup. Belajar Untuk Berkarya

Alam Ditolak, Gerbang Istana Alam Paniai Tertutup



Foto: Yosafat Maii Muyapa/KCCM

Oleh: Maii Muyapa 

Suatu istana yang paling elok perma.  Istana tersebut akhir-akhir pekan sering nampak di tengah kota madya alies (Wisser Merren Paniai), Sebuah “Taman Bunga Alam” Wajah taman yang elok permai. Beragam macam Kupu-kupu beterbang gemerlap berwarna-warni 1000 jenis berhiasi  pada beragam bunga-bunga di taman alam.


Bayangan dalam mimpi lelaki hilaukan benak. dan muncul mimpi sekejap kedip mata diatas bukit bobaida, begitu lelaki itu berbelit-belit selama lima tahun berterus-menerus mendapatkan mimpi yang sama. 


Suatu waktu lelaki tersebut, hendak meninggalkan rumah mewah yang telah berhiasi berbagai pigmen sat. Dan lelaki itu mengambil komitmen untuk bercuti kampanye diluar tanggungan negera. Ketika terjadi sikap diatas! Adanya mimpi elok. Yang berturut-turut selama beberapa tahun silam. Lelaki tersebut mulai penasaran di benak bakan sampai mengeluh-keluh terhadap terbayang-bayang jagat mimpinya. Karena bukan nyata hanya bermimpi. 


Malam itu malam sahabat tiba, Sekitar pukur jam 7.00 wit sore. Ada sekelompok orang, sekitar 12 orang. Datang tumpangi di halaman rumah mewah di sekitar bukit dupia enarotali. Lalu mereka perhatikan di sekitar ibu kota enarotali sepih karena sejauh malam. Dan tiba-tiba dari arah timur muncul ada 4 orang laki-laki dan berpakaian siswa SMA/SMK Enarotali Paniai sedang berdiri di atas kuburan pas di posisi lapangan sentral karer bogai. 


Mereka saling berjumpah antara 12 orang dan 4 orang siswa. Setelah itu, 12 orang itu bertanya, Adik-adik Kenapa kalian ada disini? Apaka kalian belum libur. Ini bulan desember. Balas, 4 siswa dengan teriak serentak, “Abang-abang kami terkubur disini dan kami ditembak oleh TNI Porli. Pasukan 12 orang kaget dan suara pelan-pelan “oh, oh, benar adik-adikku. Sayang!  


Usai dari perbincang mereka, 12 orang mulai bertanya “adik-adik di sekitar tanjung dupia enarotali ada rumah mewah yang di banguan dari anggaran pembanguan rakyat? Jawab 4 siswa, “Abang-abang rumahnya diatas ini sekaligus kasih tunjuk langsung ke arah rumah mewah tersebut. Karena kebetulan rumah dekat hampir 5 meter dari kuburan ke rumah mewahnya. baik ya! adik-adik. 


Lagi, 4 siswa itu berkata “Abang-abang kalau tamu ke rumah mewah diatas hati-hati ya! Nanti abang-abang bisa korban karena di halaman rumah itu ada anjing pelacak yang paling jahat selalu menjaga bakan sering juga menggigit manusia hingga korban nyawa manusia. Kembali tanggapi 12 orang “Adik-adik kami mau tamu itu karena tujuan itu. Teriak bersama dari 4 siswa “kalau begitu kami ikut senang juga, (tumbangkan) Ya!. Kembali ujur akhir kata “Kami mau ambil kembali gembok istana gerbang “Taman Bunga Alam” yang sedang pegan oleh lelaki pemilik rumah mewah itu. lalu gembok ini kami sendiri akan menyerahkan orang yang datang jujur, adil, dan damai. 


Sementara, Lelaki yang dapat mimpi berlarut-larut itu sedang duduk di kursi sofa! Lalu bermain-main Gembok sambil letakan tangan lelaki. Kurang lebih selama sedekade berlalu. Mimpi lelaki itupun bermulai penasaran dan berintraksi dengan keluarganya! Saat lelaki itu berceritakan tentang mimpi dan gembok istana taman bungan alam tersebut itu. Ada orang berketuk pintu rumahnya sambil teriak berkata haloo x2 selamat malam. Kemudian 12 orang tersebut itu mereka masuk dalam rumah mewah. 


Dan 12 orang yang masuk baru-baru, langsung berkata di tuntut kepada lelaki “ Hei lelaki kembalikan gembok istana taman bunga alam. Lelaki itu keras kepala dan berkata “tidak bisa itu saya punya, dan lelaki merontak kesana kemari hingga mencucur gerimis air mata, bakan hancurkan harta dirumahnya. Lalu, 2 orang menuntut berkata “Heii Lelaki penakut! Sekalipun engkau merontak! Gembok itu kami sudah tarik coba lihat kemari. Inika? Gemboknya. Setelah 12 orang itu paksa tarik kembali gembok yang sedang pegan oleh lelaki selama 5 tahun. Selama tinggal akhir ujur 12 orang.


12 orang keluar dari rumahnya, kembali ke tempat semula yang diskusi bersama dengan 4 siswa di lapangan terbuka. Begitu melihat lapangan tersebut telah menutupi dengan ribuan rakyat berbondong-bondong di tengah-tengah kota enarotali. Mereka  sedang puju-memuja sambil beriingi irama insturumen musik tradisional yaitu (Yuu dan waita), mobilisasi masa luar biasa. Lantas  mengepung kota di lapangan terbuka menutupi dengan lautan manusia.


Dalam bersela-sela, sedang mengenahkan berdangsa berbagai lagu-lagu tradisional sprit nyanyikan. Enta apa! Tujuan rakyat nyanyikan tak mengerti oleh pra seelit penghuni rumah mewah dengan asas dan maksud rakyat berdangsa. 


Tempo waktu, orang-orang yang sedang berada di lapangan terbuka sekejap berubah oleh gemurun kilat alam rakyat berada di lapangan gerbang pintu masuk istana taman bunga alam. Dan di taman bunga alam itu ada 12 orang yang tadinya tarik kembali gembok istana taman alam  bereaksi nampak penjagaan utama di taman bungan alam. mereka sedang menjaga ketat dan rapi.  


Kemudian itu, ribuan rakyat berduduk lutut kaki di bawah gerbang pintu istana taman bunga alam, tiba-tiba terpasang sendiri layar berukuran 100 meter di gerbang pintunya. Seluruh rakyat menatap di layar begitu muncul di layar tayangkan sebuah istana taman bunga alam elok dan permai. Rakyat melihat sangat kerkejut dan rasa senang hatinya menjemputnya.  


Seluruh rakyat Sedang nonton di tayangkan layar besar tentang adegan sandiwarah taman bunga alam yang begitu sejuk nikmat. Rakyat dalam pertengahan menyimak tentang sandiwarah taman bunga alam itu. Tidak lama lagi, termasuk lelaki serta rombongan mereka keluar dari istana gedung putih mewah mendatangi dimana rakyat nonton gerbang pintu taman bunga alam. Lalu mereka pun di sertakan bersama rakyat menontonnya atas film yang muncul di tayangan layar tersebut.    


Penjaga gerbang istana taman bungan Alam ternyata 12 orang yang tadi hampiri mengepun gembok di rumah mewah, dan 12 orang itu ajak seluruh rakyat plosok-plosok penjuru dunia di belahan kutup timur, barat, utara dan selatan paniai segera datang menyaksikan dalam rangka nuansa tanyangan pesta demokrasi di taman bunga alam. Lelaki itu telah dengar “menyaksikan taman bunga alam” lalu tarik nafas mendalam dan detak jantung berulang-ulang menyimak mimpi sebelumnya tentang “Istana Taman bungan Alam sekaligus gembok istana yang telah ambil kembali oleh pasukan alam paniai” 


Lelaki wajah tegah sambil datang partisipasi, mata lebar menyimak di layar adegan film. Begitu nonton persis dengan mimpi yang lima kali berulang-ulang melihat bayang objek mimpinya. Lelaki tersebut terpaksa mendekati di operator slide show berkata padanya? Hei,..hei..istana itu saya punya. Sebab saya sudah mimpi 5 kali berulang-ulang sebelumnya dan gembok itu biasanya saya yang simpan selama 5 tahun. Balas, “operator tayangan sekaligus penjaga keaman gerbang istana taman bunga alam berkata lelaki itu, “Ko siapa?


Bagi Ko itu kami sudah kasih kesempatan selama lima tahun. Tetapi Ko hanya mimpi saja sekejap kedip mata-Mu. Tak perna membangun di taman bunga alam secara baik. Hanya berorientasi KKN saja hingga merosotan-rosotan taman alam. bakan tersiksi menyita nyawa manusia korban kekayaan dirampas. Itulah sebabnya ulah pemimpin tidak konsisten pada rakyatnya. Jadi kami minta maaf,” Pak.


Ribuan rakyat paniai sedang duduk berlutut di dibawah gerbang taman bunga alam, serius  menungguh seorang yang akan buka-kan pintu gerbang taman bunga alam. karena kriteria untuk buku gerbang adalah berjiwa jujur, ikhlas. Keamanan alam 12 orang itu mereka menyerahkan Gombok untuk buku/merintis Gerbang Pintu Untuk Semua Orang penjuruh dunia. Dan orangnya adalah “Meeki Okaito” akan membuka gerbang ini untuk rakyat masuk di istana taman bunga alam yang telah dijanjikan oleh-nya.    


Jadi, Bagi Ko lelaki maaf ya! Biarpun Kontrak pengacara utama 3 orang sejajar duduk di kursi sofah warna hijau di MK  dengan sistim bayar bermiliar dan kontrak berbagai ilmu gaid untuk merebut gembok Pintu Taman Bunga Alam. (We apologiz You).! Sebab bagi siapa yang masuk pimpin di taman bunga alam adalah Orang Jujur Adil dan tanpa Masalah.       


Pepatah  kata mengatakan, Menuju ke roma ada banyak jalan tetapi menuju ke surga hanya satu jalan. Yaitu kebenaran Allah sendiri.! Paniai adalah taman bunga alam yang telah janjikan oleh Allah sendiri. Maka pemimpin paniai bukan pemimpin yang mimpi sekejap berkedip mata melahingkan pemimpin paniai akan memimpin berjiwa praktis sosial. Paniai For Semua Orang, suku marga, agama, budaya dan entitas politiknya.   


Jayapura, 17 September 2018

Penulis: Penghuni di sekitar taman bunga Alam di leluhurnya Paniai Papua.
Share on Google Plus

About Komunitas Coba-Coba Menulis

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.